Sabtu, 16 Agustus 2008

Tasyakuran 17-an

malem tadi tepatnya 16 Agustus 2008 warga RT gw ngadain acara tasyakuran, yang katanya mensyukuri nikmat kemerdekaan Indonesia yang udah 63 tahun. padahal seh setau gw Indonesia belum merdeka2 amat. sekolah masih susah n mahal padahal kan pendidikan penting buat membangun generasi muda Indonesia yang kelak membangun negeri ini. gw ga ngerti ma pikiran para pemimpin negeri ini, dah tahu kita ini kaya raya punya minyak, batu bara, ampe cabe ma bawang juga kita punya banyak. tapi tetep aja di pasar harganya mahal2, n masih ada aja yang import. bener2 ga ngerti gw.
gw sebenernya pengen ngejelasin ke mereka kalo bangsa dan negara ini belom seutuhnya merdeka. tapi setelah gw jelasin, pertama-tama seh gw jelasin ke temen2 deket gw aje. kayanya mereka ga bisa ngerti 2 bgt deh. apa gw ga bisa jelasin atau mang otak mereka kurang bisa menampung istilah2 gw yang menyadur dari bahasa asing (sombong neh).yang gw ga kalah kagetnya masa di acara tasyakuran itu gw disuruh ngasih sambutan sebagai perwakilan pihak pemuda untuk menyampaikan pandangan dalam rangka memperingati 17-an. dan parahnya lagi gw dikasih urutan buat sambutan setelah sambutan dari seorang warga kecamatan cimanggis (kecamatan gw juga) yang ingin mencalonkan diri jadi caleg. dia seh gw tahu bakal kampanye. dia mulai dengan mukadimah nyang panjang bgt tuh pake arabian style yang gw juga ga bisa ngerti deh. yang penting mah orang2 teriak amin ya gw aminin juga. oiya nama tuh caleg lilis latifah (bukan lilis karlina).
setelah semua mukadimah yang dia sampaein, nyampe deh ke maksud tujuan dia buat kampanye. dimulai dengan membanggakan diri sebagai ketua guru se-kecamatan, tapi dia ga ngejelasin gimana penderitaan guru dan gimana cara memperbaiki nasib guru, terus dia menyebutkan kalo dia tuh ketua PKK se-kecamatan juga, tapi dia ga pernah menyebutkan kalo wanita dikonstruksikan sebagai kaum inferior di masyarakat yang menimbulkan budaya patriarki, klo ngutip bukunya simon de beavoir katanya wanita tuh the 2nd sex after male.terus dia ngaku sebagai ketua himpuna majelis ta'lim ibu2 se-kecamatan lagi, dia juga ga ngejelasin kalo Islam tuh agama perlawanan yang ga cuma diem aja kalo ada kaumnya teraniaya. padahal Indonesia mayoritas muslim dan mayoritas muslim itu miskin,kalo data BPS seh kalo ga salah juga ada 37,sekian persen rakyat Indonesia berada dibawah garis kemiskinan atau dengan kata lain pendapatannya kurang dari 1 $ per hari. tapi kalo ada BBM naek majelis ta'lim diem aja tuh. paling cuma jadi bahan gosipan ga ada gerakan nyata.akhirnya selesai juga dia kampanye, dan seperti awal tadi dia nutupnya juga pake arabian style, dan seperti awalnya juga gw cuma bisa aminin aja sekeras-kerasnya.
dan akhirnya dateng deh giliran gw buat ngasih sambutan. dengan pedenya gw maju ke depan. gw buka pake asslamualaikum, eh gw lupa pake yang terhormat bla..bla..bla. gw langsung aja ngomong saking nafsunya. gw ngomong kalo INdonesia ga seutuhnya merdeka, indonesia measih di bawah kekuasaan kekuatan neokolonialisme, kekuatan ekonomi indonesia masih di bawah instruksi korporasi multinasional yang hanya ingin mengeruk kekayaan bangsa ini. dan para politikus dan birokrat malah menjadi predator yang menggerogoti negara ini. dan yang gw yakini adalah bahwasanya sosialisme lah jalan menuju pembebasan nasional. dan islam pun mengajarkan seperti itu. teruss gw pinta anak2 muda jgn ngerayain agustusan sekedar ceremonial belaka tapi jadikan motivasi untuk membangun bangsa dan negara ini meraih kemerdekaan seutuhnya, yang tua dukung doa aja deh. hwahahahaha..segitu deh sambutan gw yang disambut dengan kebengongan para warga.

Tidak ada komentar: